5 Kerajinan Khas Magetan yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Magetan dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan kulit terbesar di Provinsi Jawa Timur. Tak hanya kerajinan kulit saja yang terkenal namun beberapa kerajinan lain juga banyak mengundang atensi dari masyarakat luas.

Secara geografis dan administrasi, Magetan berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dikenal memiliki keindahan alam dan sumber daya alam yang melimpah. Sebelumnya nama Magetan hanya sebagai kota pinggiran saja yang tidak terkenal, namun seiring perubahan minat tempat wisata melalui Telaga Sarangannya membuat nama Magetan semakin dikenal luas.

Namun kali ini akan membahas beberapa kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat Magetan. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Kerajinan Kulit Khas Magetan

http://jatimprov.go.id/

Magetan memang terkenal dengan kerajinan kulitnya yang dibentuk menjadi beraneka macam barang seperti sandal, sepatu, jaket, tas, dan masih banyak lagi. Kerajinan kulit ini bahkan menjadi pendapatan mayoritas para pengrajin yang ada di daerah ini.

Jangan salah, beberapa produk yang dihasilkan dari Magetan ini juga sudah tembus pasar Internasional. Jadi untuk desain dan kualitasnya tentu sangat bagus. Jika kamu ingin memborong aneka kerajinan ini bisa datang langsung ke Jalan Sawo Kota Magetan karena menjadi sentra pusat kerajinan kulit yang ada di Magetan.

Batik Khas Magetan

solopos.com

Ada juga kerajinan khas Magetan lain yang cocok untuk dibawa pulang yaitu batik. Selain bisa belajar cara pembuatan dan pewarnaan dari batik ini, kamu juga bisa memborong berbagai batik dengan corak yang menawan.  Daerah yang terkenal dengan kerajinan ini berada di Dusun Papringan, Sidomukti, Plaosan Magetan.

Setidaknya ada 6 batik yang menjadi ikon khas Magetan yaitu Batik Pring Sedapur Sidomukti, Batik Ciprat Simbatan, Batik Parang Selo Pragak, Batik Jepan Genilangit, Batik Bogo Kediren, dan Batik Kacang Tanah Kepuhrejo. Tak hanya di daerah Papringan saja namun di beberapa tempat lain di Magetan juga memiliki batik khasnya masing-masing

Kerajinan Gamelan

https://id.wikipedia.org/

Di daerah Jalan Pandu, Kauman, Karangrejo, Magetan ada satu tempat pengrajin gamelan yang hingga sekarang ini masih ada. Di tempat ini ada berbagai gamelan dari bentuk yang kecil hingga yang besar. Bagi kamu yang ingin study tour ke Magetan memang paling pas untuk berkunjung ke tempat ini karena bisa sebagai sarana edukasi budaya asli Indonesia.

Gamelan sendiri terbuat dari beberapa elemen atau bahan yang berbeda-beda untuk setiap bagiannya. Misal untuk kendang dibutuhkan kulit hewan, kayu, tali dan beberapa bahan lain. Sedangkan untuk gong dibuat dari logam kuningan. Jika kamu sedang di Magetan tak ada salahnya untuk mampir dan melihat berbagai instrument gamelan yang lengkap di tempat ini.

Anyaman Bambu

https://dinaskoperasi.pacitankab.go.id/

Tak hanya kerajinan kulit atau batik saja yang terkenal namun Magetan juga terkenal dengan kerajinan anyaman bambunya juga. Bambu yang diiris dan dirapikan kemnudian dianyam menjadi beberapa bentuk seperti gantungan lampu, tempat nasi, topi, tempat tisu, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa pengrajin yang sekarang ini juga mencoba untuk membuat pernak-pernik yang sama menggunakan bahan rotan. Pasokan bahan bakunya memang tidak begitu banyak dibandingkan dengan bambu, namun hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan bambu. Tak ada salahnya kamu juga memborong berbagai kerajinan anyaman bambu atau rotan ini jika berkunjung ke Magetan, ya!

Genteng Gulun

facebook.com

Walau kerajinan satu ini tidak bisa dijadikan hiasan namun kerajinan ini sangat berguna fungsinya. Namanya adalah genteng gulun yang merupakan genteng buatan khas Magetan. Bentuknya sedikit berbeda dengan genteng kebanyakan namun memiliki daya tahan yang kuat serta bahannya berkualitas.

Genteng yang dibuat dari tanah liat kemudian dibentuk dan dibakar pada suhu tertentu membuat tanah liat tadi menjadi lebih keras. Nantinya genteng akan dijemur dan diproses sedemikian rupa sehingga fungsinya sangat sempurna.

Jika kamu sedang berada di Magetan atau ingin menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata edukasi, maka genteng gulun bisa menjadi tujuannya. Nantinya akan diajarkan bagaimana cara pembuatan genteng ini dari proses awal hingga tahap akhir pembuatannya. Tempat yang paling terkenal di Magetan untuk genteng galun ini adalah di daerah Dusun Gulun, Maospati.

Itulah beberapa kerajinan khas Magetan yang bisa kamu ketahui. Memang tidak semuanya bisa langsung dibawa pulang karena fungsi dan ukurannya besar. Namun tak ada salahnya kamu ikut belajar bagaimana cara membuat berbagai kerajinan tersebut dari awal sampai akhir. Semoga bermanfaat!

 

Click to rate this post!
[Total: Average: ]

Related posts

Air Terjun Aling-Aling – Uji Keberanianmu dengan Menaklukkan Tingginya

Keunikan dari Cap Go Meh Singkawang yang Wajib Kamu Saksikan Secara Langsung

Museum Tsunami Aceh – Mengenang Dahsyatnya Amukan Bencana Alam