First Autonomous Vehicle Indonesia

Intip Bus Otomatis Pertama Di Indonesia Ada Di The Breeze – BSD City, Yuk!

by

Bus Otomatis Pertama Di Indonesia hadir di The Breeze, BSD City. Transformasi ekonomi digital merupakan salah satu isu diantara tiga utama yang menjadi prioritas dalam forum G20 untuk seluruh negara anggota.

Dalam mewujudkan hal ini, Sinar Mas Land bersama dengan Mitsubishi Corporation berinisiatif dan turut ikut serta mengupayakan peralihan ke energi terbarukan, menggerakan ekonomi digital, serta menciptakan green mobility di Indonesia.

Salah satu upaya yang kini telah berhasil diuji coba adalah hadirnya Navya Arma, First Autonomous Vehicle (AV) di Green Office Park, BSD City.

Uji Coba Autonomous Vehicle (AV) berhasil diuji coba di dua lokasi di BSD City yakni yang pertama di Q-Big yang menjadi pusat perbelanjaan dan gaya hidup dengan bangunan berkonsep ramah lingkungan serta dilengkapi dengan fitur bangunan hemat energi dan material eco-friendly.

Kemudian yang kedua di BSD Green Office Park (GOP) sebagai salah satu green initiatives untuk mengurangi emisi karbon dioksida.

Diketahui kawasan BSD Green Office Park (GOP) merupakan area perkantoran yang telah memperoleh Green Mark District dari lembaga internasional BCA (Building and Construction Authority), Singapore pertama di Indonesia.

First Autonomous Vehicle Bus Indonesia

Sinar Mas Land memperkenalkan Navya Arma yang merupakan kendaraan listrik otomatis tanpa awak yang pertama di Indonesia juga dalam rangka mencapai The Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Selain itu, upaya ini juga dilakukan agar terwujudnya transformasi BSD City menjadi integrated smart digital city dimana perusahaan melengkapi Navya Arma dengan infrastruktur digital serta pengembangan berwawasan lingkungan.

“Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital,” jelas Irawan Harahap, CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land.

Baca juga :  Puas Menikmati 1001 Menu Buka Puasa di PO Hotel Semarang

Diketahui Navya Arma memiliki spesifikasi penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam.

Kendaraan listrik tersebut berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang sebanyak 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Navya Arma juga dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

Tak hanya itu saja, transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, sehingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Di gelaran G20 Summit dalam official side event Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, Autonomous Vehicle (AV) ini dipamerkan dimana acara tersebut menunjukkan moda transportasi berkonsep green mobility yang telah hadir di Indonesia.

Acara Electric Vehicle Exhibition diselenggarakan pada tanggal 11 – 16 November 2022 oleh Kementerian Perhubungan.

Uji coba Autonomous Vehicle (AV) di BSD City telah diresmikan pada bulan Mei 2022 lalu dan saat ini telah bisa dicoba di Green Office Park, BSD City dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.

“Kami menyiapkan AV Navya Autonom® untuk menjadi bagian dari pameran kendaraan listrik pada puncak acara G20 Summit di Bali. Dengan adanya AV, kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah saing dan sudah siap untuk menyongsong ragam alternatif green mobility bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air,” kata CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap.

Untuk dapat mencoba Autonomous Vehicle (AV), masyarakat dapat menaikinya di Lobby Utama The Breeze.

Baca juga :  Harga Tiket Masuk Ice Skating Di Tentrem Mall Semarang

Caranya sangat mudah, yakni hanya perlu memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile.

Namun, penerapan Autonomous Vehicle (AV) di BSD City ini hanya berlaku dan dapat dicoba hingga tanggal 21 Desember 2022 saja.

Karena nantinya Autonomous Vehicle (AV) akan dipamerkan dalam area The Breeze mulai tanggal 22 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

 

Click to rate this post!
[Total: Average: ]

You may also like

Leave a Comment